Latest Updates
SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PENDIDIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA BERMANFAAT

Kegagalan Pendidikan Di Indonesia

Apa yang salah dalam kegagalan pendidikan di Indonesia ? Metode mengajar, kurikulum, guru, siswa, atau Pemerintah.

Pada dasarnya kegagalan pendidikan di Indonesia menurut pandangan penulis adalah tidak adanya koordinasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Satuan Pendidikan. Salah satunya adalah paksaan dalam melaksanakan kuriklum yang belum saatnya di publikasikan. Alasan tersebut diperkuat dari sarana dan prasarana dan komponen pelengkap untuk  pelaksanaan kurikulum yang baru.

Hal ini berdampak pada satuan pendidikan yang harus merombak keseluruhan metode belajar mengajar, disisi lain sudah menjadi kewajiban satuan pendidikan harus mengikuti aturan pemerintah dan pada sisi lain kurangnya informasi pelengkap KBM yang belum memadai.

Selain itu hal ini berdampak pada pemborosan pada pendanaan yang merugikan negara dan merugikan setiap satuan pendidikan, buku pelajaran yang sebagian sudah di beli dan kini tidak terpakai karena masing-masing satuan pendidikan kembali pada kurikulum yang lama dengan alasan ketidaksiapan dari sarana prasarana dan bahan pelengkap KBM pada satuan pendidikan. 

Pertanyaan yang ada dalam pikiran penulis adalah :
  1. Mengapa kurikulum yang lama tidak dikembangkan saja
  2. Mengapa harus merubah sistem, metode cara mengajar dan kurikulum
  3. Sebelum melaksanakan kuriklum baru, seharusnya bahan pelengkap seperti buku, sarana dan prasarana di lengkapi terlebih dahulu sebelum merubah kurikulum
  4. Apakah sebelum merubah kurikulum sudah melaksanakan survei apakah setiap satuan pendidikan siap atau tidak, mampu atau tidak melaksanakannya, berapa persen yang menerima dan beberapa persen yang menolak.
  5. Mengapa pembelajaran yang berkenaan dengan wawasan siswa di hapuskan seperti TIK.
  6. Apa yang menyebabkan kurikulum harus dirubah, apakah metode ini sudah menghasilkan SDM yang baik. jika ya jabarkan dan metode apa yang negara tersebut kembangkan.
  7. Fasilitas apa yang sudah disiapkan untuk menunjang kegiatan KBM pada satuan pendidikan.
  8. Apa dampak yang dirasakan setelah setiap satuan pendidikan kembali dengan kurikulum yang lama
Sekarang apa yang dirasakan pada satuan pendidikan pada setiap daerah-daerah, permasalahan sekarang adalah bagaimana mengembangkan kuriklum yang sudah ada tanpa harus merubah kurikulum yang lama dengan kurikulum yang baru.



Kini siapa yang salah, sistem, pemerintah, satuan pendidikan, atau guru ?

Alangkah baiknya sebelum memutuskan sebuah sistem pendidikan untuk membangun perkembangan pendidikan di Indonesia harus melakukan uji kelayakan, fasilitas yang memadai, sosialisasi secara berkala, bukan hanya sekedar informasi melainkan harus ada penyuluhan setiap sekolah-sekolah paling tidak survei yang dilakukan dapat menjadi bahan untuk merubah, menghapus atau mengganti kurikulum.

Semoga dengan ini artikel ini membukan mata pemerintah untuk lebih meninjau kembali perubahan pada kurikulum di Indonesia, sehingga kami para pengajar dan satuan pendidikan tidak dijadikan bahan kelinci percobaan untuk pelaksanaan. 

0 Response to "Kegagalan Pendidikan Di Indonesia"

Post a Comment

Berita Lainnya