Latest Updates
SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PENDIDIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA BERMANFAAT

Membangun Sikap Patriotisme Siswa

Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme berasal dari kata "patriot" dan "isme" yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau "heroism" dan "patriotism" dalam bahasa Inggris. Pengorbanan ini dapat berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga.

Hal ini harus di junjung pada setiap siswa, karena sikap patriotisme merupakan sikap di mana siswa mampu dan berani dalam hal mengembangkan bakat mereka yang di miliki. Ini membuktikan sikap patriotisme diperlukan untuk membangun karakter mereka dalam kehidupan sehari-hari, baik disekolah, di lingkungan masyarakat, di rumah, dan diri mereka sendiri.

Sikap seperti ini sulit sekali kita jumpai di kalangan siswa, hal ini disebabkan oleh pergaulan bebas mereka yang kian hari semakin memburuk, sumber informasi yang kurang serta banyaknya iklan, film yang mendidik karakter mereka menjadi orang yang kasar dan sering berbuat yang tidak sesuia dengan norma-norma kehidupan.

Untuk itu peranan orang tua dan guru wajib harus ada untuk membangun karakter mereka sejak dini merubah tingkah laku mereka dari hal yang negatif ke hal yang positif. Semua aspek pendukung yang memadai akan merubah sikap dan karakter mereka akan menjadi lebih baik.


Berita Lainnya