Latest Updates
SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PENDIDIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA BERMANFAAT

Rumus – Rumus Penting Dalam Perhitungan PKG Dan Konversi Nilainya




1.      Setiap nilai kompetensi di rekapitulasikan dalam format hasil penilaian kinerja guru ( Lampiran 1C bagi PK Guru Pembelajaran atau 2C bagi PK Guru Pembimbingan-BK / Konselor ) untuk mendapatkan nilai total PK GURU. Konversi ini dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut.

       
                                     (Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009)

Keterangan:
þ   Nilai PKG (100)  maksudnya  nilai  PK Guru  Pembelajaran, Pembimbingan atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah dalam skala 0 - 100 menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.
þ   Nilai PKG adalah nilai PK GURU Pembelajaran, Pembimbingan  atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah yang diperoleh dalam proses PK GURU sebelum dirubah dalam skala 0 – 100 menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.
þ   Nilai PKG Tertinggi adalah nilai tertinggi PK GURU yang dapat dicapai, yaitu 56 (14 x 4) bagi  PK GURU pembelajaran (14 kompetensi), dan 68 (17 x 4) bagi PK Guru pembimbingan (17 kompetensi). Nilai tertinggi PK GURU dengan tugas tambahan disesuaikan dengan instrumen terkait untuk  masing-masing tugas tambahan yang sesuai dengan fungsi sekolah.

2.  Perolehan angka kredit untuk pembelajaran atau pembimbingan setiap tahun bagi guru diperhitungkan dengan rumus sebagai berikut:



                                               (Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009)

Keterangan:
þ  AKK adalah angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat.
þ  AKPKB adalah angka kredit PKB yang diwajibkan (sub unsur pengembangan diri, karya ilmiah, dan/atau karya inovatif).
þ  AKP adalah angka kredit unsur penunjang yang diwajibkan.
þ  JM adalah jumlah jam mengajar (tatap muka) guru di sekolah atau jumlah konseli yang dibimbing oleh guru BK/Konselor per tahun.
þ  JWM adalah jumlah jam wajib  mengajar (24 – 40 jam  tatap muka  per minggu) bagi guru. pembelajaran atau jumlah konseli (150 – 250 konseli per tahun) yang dibimbing oleh guru BK/Konselor.
þ  NPK adalah persentase perolehan  angka kredit sebagai hasil penilaian kinerja.
þ   4 adalah waktu rata-rata kenaikan pangkat reguler, (4 tahun).
þ    JM/JWM = 1  bagi  guru  yang mengajar  24-40 jam  tatapmuka  per  minggu  ataumembimbing 150 – 250 konseli per tahun.
  
3.    Untuk menghitung angka kredit unsur tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah digunakan rumus berikut ini.


                                    (Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009)


Keterangan:
þ AKK adalah angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat.
þ AKPKB adalah angka kredit PKB yang diwajibkan (subunsur pengembangan diri, karya ilmiah, dan/atau karya inovatif).
þ AKP adalah angka kredit unsur penunjang yang diwajibkan.
þ NPK adalah persentase perolehan angka kredit sebagai hasil penilaian kinerja
þ 4 adalah waktu rata-rata kenaikan pangkat (reguler), 4 tahun.

catatan: AKPKB dan AKP tidak diperhitungkan lagi di dalam rumus ini karena sudah diperhitungkan pada unsur pembelajaran/pembimbingan.


Tabel Konversi Nilai Kinerja Hasil PK GURU ke Angka Kredit

Nilai hasil PK GURU Pembelajaran
(skala 14 – 56)
Nilai hasil PK GURU BK/Konselor
(Skala 17 – 68)
Permenneg PAN dan RB No.16 tahun 2009
(Skala 0 – 100)
Kategori
Persentase Angka kredit yang diperoleh
51 – 56
62 – 68
91 – 100
Amat baik
125%
42 – 50
52 – 61
76 – 90
Baik
100%
34 – 41
41 – 51
61 – 75
Cukup
75%
28 – 33
34 – 40
51 – 60
Sedang
50%
≤ 27
≤ 33
≤ 50
Kurang
25%

Berita Lainnya