1. Setiap nilai kompetensi di rekapitulasikan dalam format hasil penilaian kinerja guru
( Lampiran 1C bagi PK Guru Pembelajaran atau 2C bagi PK Guru
Pembimbingan-BK / Konselor ) untuk mendapatkan nilai total PK GURU. Konversi ini dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
(Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009)
Keterangan:
þ Nilai PKG
(100) maksudnya nilai
PK Guru Pembelajaran,
Pembimbingan atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah dalam skala
0 - 100 menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.
þ Nilai PKG
adalah nilai PK GURU Pembelajaran, Pembimbingan
atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah yang
diperoleh dalam proses PK GURU sebelum dirubah dalam skala 0 – 100 menurut
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 16 Tahun 2009.
þ Nilai PKG
Tertinggi adalah nilai tertinggi PK GURU yang dapat dicapai, yaitu 56 (14 x 4)
bagi PK GURU pembelajaran (14 kompetensi),
dan 68 (17 x 4) bagi PK Guru pembimbingan (17 kompetensi). Nilai tertinggi PK
GURU dengan tugas tambahan disesuaikan dengan instrumen terkait untuk masing-masing tugas tambahan yang sesuai
dengan fungsi sekolah.
2. Perolehan angka kredit untuk pembelajaran atau pembimbingan
setiap tahun bagi guru diperhitungkan dengan rumus sebagai berikut:
(Permenneg
PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009)
Keterangan:
þ AKK adalah
angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat.
þ AKPKB
adalah angka kredit PKB yang diwajibkan (sub unsur pengembangan diri, karya
ilmiah, dan/atau karya inovatif).
þ AKP adalah
angka kredit unsur penunjang yang diwajibkan.
þ JM adalah
jumlah jam mengajar (tatap muka) guru di sekolah atau jumlah konseli yang
dibimbing oleh guru BK/Konselor per tahun.
þ JWM adalah
jumlah jam wajib mengajar (24 – 40
jam tatap muka per minggu) bagi guru. pembelajaran atau
jumlah konseli (150 – 250 konseli per tahun) yang dibimbing oleh guru
BK/Konselor.
þ NPK adalah
persentase perolehan angka kredit
sebagai hasil penilaian kinerja.
þ 4 adalah
waktu rata-rata kenaikan pangkat reguler, (4 tahun).
þ JM/JWM =
1 bagi
guru yang mengajar 24-40 jam
tatapmuka per minggu
ataumembimbing 150 – 250 konseli per tahun.
3. Untuk menghitung angka kredit unsur tugas tambahan yang
relevan dengan fungsi sekolah digunakan rumus berikut ini.
(Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009)
Keterangan:
þ AKK adalah
angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat.
þ AKPKB
adalah angka kredit PKB yang diwajibkan (subunsur pengembangan diri, karya
ilmiah, dan/atau karya inovatif).
þ AKP adalah
angka kredit unsur penunjang yang diwajibkan.
þ NPK adalah
persentase perolehan angka kredit sebagai hasil penilaian kinerja
þ 4 adalah waktu
rata-rata kenaikan pangkat (reguler), 4 tahun.
catatan:
AKPKB
dan AKP tidak diperhitungkan lagi di dalam rumus ini karena sudah
diperhitungkan pada unsur pembelajaran/pembimbingan.
Tabel
Konversi Nilai Kinerja Hasil PK GURU ke Angka Kredit
Nilai hasil PK GURU Pembelajaran
(skala 14 – 56)
|
Nilai hasil PK
GURU BK/Konselor
(Skala 17 – 68)
|
Permenneg PAN dan
RB No.16 tahun 2009
(Skala 0 – 100)
|
Kategori
|
Persentase Angka kredit yang diperoleh
|
51 – 56
|
62 – 68
|
91 – 100
|
Amat baik
|
125%
|
42 – 50
|
52 – 61
|
76 – 90
|
Baik
|
100%
|
34 – 41
|
41 – 51
|
61 – 75
|
Cukup
|
75%
|
28 – 33
|
34 – 40
|
51 – 60
|
Sedang
|
50%
|
≤ 27
|
≤ 33
|
≤ 50
|
Kurang
|
25%
|