Latest Updates
SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PENDIDIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA BERMANFAAT

Tata Cara Penyusunan RPP K13


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  1. RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD yang sesuai dan mampu diterima dan dikembangkan. 
  2. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis dengan tujuan agar Perangkat Pembelajaran yang disusun sesuai dengan Kurikulum yang digunakan pada satuan pendidikan.
  3. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
  4. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan.


Komponen RPP (Standar Proses Nomor 65 Tahun 2013)
Penyusunan RPP harus memenuhi semua kriteria diataranya
  1. Identitas sekolah
  2. Identitas mata pelajaran
  3. Kelas/ semester
  4. Materi pokok
  5. Alokasi waktu
  6. Tujuan pembelajaran
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
  8. Materi pembelajaran
  9. Alokasi waktu
  10. Metode pembelajaran
  11. Media pembelajaran
  12. Sumber belajar
  13. Langkah-langkah pembelajaran
  14. Penilaian hasil pembelajaran

Prinsip Penyusunan RPP
Penyusunan RPP wajib memperhatikan prinsip dasar yang disajikan dalam RPP dengan memperhatikan beberapa aspek di antaranya :
  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  5. Mengakomodasi pada keterkaitan dan keterpaduan KD, Keterkaitan dan keterpaduan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  6. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  7. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.

Langkah Penyusunan RPP
Kegiatan Pendahuluan
  • Orientasi;

Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan ilustrasi, membaca berita di surat kabar, menampilkan slide animasi, fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.
  • Apersepsi;

Memberikan persepsi awal kepada peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.

  • Motivasi;

Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan.

  • Pemberian Acuan;

Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar. Pembagian kelompok belajar. Penjelasan mekanisme pelak­sana­an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).

Kegiatan Inti
Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.

Menggunakan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/ atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

Memuat pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi pada pembelajaran.

Kegiatan Penutup
Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

Contoh Format RPP
Satuan Pendidikan   : ………………………………….
Kelas/Semester        : ………………………………….
Mata Pelajaran         : ………………………………….
Topik                        : ………………………………….
Pertemuan ke-         : ………………………………….
Alokasi Waktu          : ………………………………….
A. Kompetensi Dasar
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Ajar
E. Metode Pembelajaran
F. Kegiatan Pembelajaran


Contoh Format Kegiatan Pembelajaran
G. Alat dan Sumber Belajar
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
    - Teknik
    - Bentuk
    - Instrumen (Tes dan Non Tes)
    - Kunci dan Pedoman Penskoran
    - Tugas

Berita Lainnya