Latest Updates
SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PENDIDIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SEMOGA BERMANFAAT

UN SMP/Sederajat Digelar 4-7 Mei 2015, Dapodik Suplai Data Calon Peserta

Jakarta (Dikdas): Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Menengah Pertama akan dilaksanakan pada 4-7 Mei 2015. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Nizam menyampaikan hal tersebut saat menggelar konferensi pers di Gedung C lantai 4, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan, Senayan, Jakarta, Kamis, 29 Januari 2015. Informasi itu sebagai ralat dari publikasi sebelumnya yang menyebutkan UN jenjang SMP akan dilaksanakan pada 4-6 Mei 2015.
Ihwal data siswa calon peserta UN, Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) telah menyiapkannya. Menurut Supriyatno, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, mulai tahun ini Dapodik menjadi basis data calon peserta UN.
“Data awalnya dari Dapodik, kemudian diverifikasi dan divalidasi baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat,” ucapnya.
Dengan mekanisme tersebut, Puspendik tak perlu lagi melakukan penjaringan data calon peserta UN. Hal ini membawa banyak keuntungan. Selain hemat waktu dan tenaga, Kementerian juga menghemat dana. “Sekali melakukan penjaringan, digunakan untuk berbagai kebutuhan. Itu prinsip Dapodik,” tegas Supriyatno

Berita Lainnya